Wednesday, June 15, 2011

Identifikasi Kompleksitas Dunia IT

Dunia IT merupakan dunia yang sangat luas. Semua hal yang berhubungan dengan teknologi komputer termasuk di dalamnya.

Seperti yang saya bahas pada posting sebelumnya, betapa kompleks / rumitnya sistem yang berada di dalam komputer. Hardware, Software dan Brainware saling berinteraksi untuk bertujuan menyelesaikan suatu tugas tertentu.

Pesatnya perkembangan teknologi sudah jelas mempengaruhi kehidupan manusia. Segala pekerjaan manusia dipermudah dengan adanya teknologi. Tetapi ada juga kerugian yang didapat dari perkembangan teknologi ini. Salah satunya adalah limbah teknologi. Peningkatan kualitas dari suatu teknologi, menyebabkan para pengguna akan selalu mengganti perangkat nya dengan yang terbaru.

Pada tahun 2008, sampah elektronik (e-waste) di dunia diperkirakan 50 juta ton per tahun. Bahkan hal ini sempat menjadi bahasan oleh Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB) yang tengah mengamati adanya kecenderungan pembuangan sampah elektronik dari negara kaya ke negara di Asia dan Afrika.

Banyak yang belum memahami betapa berbahaya nya sampah elektronik. Sebagian besar diantaranya mengandung zat - zat berbahaya yang bila dibuang sembarangan bisa membahayakan kelangsungan hidup manusia.

Berikut adalah beberapa limbah elektronik yang berbahaya:
1. Papan Sirkuit (PCB)
Mengandung beberapa zat berbahaya dan beracun dalam komponen yang terpasang diatasnya. Hal ini yang menjadikan alasan mengapa PCB tidak boleh didaur ulang sembarangan. Diantaranya adalah zat - zat seperti timah, Mercury dan Cadmium. Timah jika terhirup terlalu banyak ke dalam tubuh dapat menghambat perkembangan otak khususnya anak - anak. Mercury yang mengalir dalam perairan akan mengendap dan termakan oleh ikan lalu bila dikonsumsi oleh manusia bisa menyebabkan kerusakan otak yang fatal. Sedangkan Cadmium yang terhirup oleh manusia dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

2. Monitor
Khususnya monitor CRT. Tabung yang menjadi komponen utama monitor ini dinilai sangat berbahaya jika harus dilepaskan secara manual dengan tangan. Mengingat tabung ini termasuk barang yang mudah meledak. Selain itu Mercury dan Cadmium di dalamnya sangat berbahaya seperti yang telah dituturkan sebelumnya. Jika terlepas ke alam bebas akan terjadi pencemaran lingkungan.

Sampah elektronik hanya sebagian kecil dari dunia IT, bahkan hanya hal yang tidak berguna dan dibuang. Tetapi permasalahan nya sudah sangatlah kompleks untuk dibahas. Jadi bisa disimpulkan bahwa dunia IT itu sangat kompleks / rumit.

(Referensi : Limbah Komputer)

No comments:

Post a Comment