Sunday, June 12, 2011

Impian tentang TI di tahun 2021

Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi berkembang dengan sangat pesat. Setiap waktu muncul berbagai macam inovasi baru, mulai dari bidang komunikasi, hiburan, kesehatan dan lain – lain.

Sebelum kita melihat perkembangan dalam 10 tahun ke depan, mari mengingat 10 tahun yang lalu teknologi jenis apa yang digunakan dalam kehidupan kita.

Pada tahun 2001 saya masih duduk di kelas 1 SMP. Saat itu komputer belum terlalu banyak digunakan oleh masyarakat, internet pun masih jarang digunakan. Telepon genggam masih sulit dijangkau harganya. Hanya yang mampu yang bisa memilikinya.

Lalu 10 tahun kemudian, yaitu tahun 2011 ini sudah sangat berbeda dengan keadaan diatas. Komputer dan telepon genggam bukan lagi barang mewah, melainkan barang yang wajib dimiliki. Bahkan komputer sekarang sudah mengalami evolusi menjadi Laptop, NetBook dan Tablet PC. Selain itu, sekarang ini jaringan internet sudah terjangkau oleh sebagian besar masyarakat.

Dengan gambaran diatas bisa kita bayangkan betapa cepatnya perkembangan yang akan terjadi dalam 10 tahun ke depan.


Pada tahun 2021, impian saya adalah teknologi akan semakin mempermudah hidup manusia. Tidak ada pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh mesin. Hal yang tadinya tidak mungkin dilakukan menjadi mungkin. Alat transportasi bisa mencapai seluruh penjuru dunia bahkan galaksi. Mobil juga akan dilengkapi dengan fasilitas Auto-Pilot, jadi si pengendara tidak perlu menyetir mobil sampai di tujuan.

Selain itu, saat ini tengah berkembang teknologi Tablet PC, 10 tahun mendatang perangkat ini tidak lagi berbentuk fisik melainkan berwujud hologram. Seperti gambar di bawah ini.

2 comments: