Tuesday, June 14, 2011

Paparan Mengenai Kompleksitas Sistem IT

Menurut Wikipedia, Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungka bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.

Sedangkan kompleksitas menurut saya adalah sesuatu hal yang rumit.

Contoh kompleksitas sistem misalnya:
Sistem pada Televisi
Terdiri dari berbagai macam komponen, yaitu antena, power, tunner, rangkaian detektor video, rangkaian penguat video dan rangkaian audio (Sumber).
Semua komponen tersebut saling bekerja dan berinteraksi hingga akhirnya menampilkan acara televisi dari berbagai stasiun dan dapat dinikmati oleh penonton.

Bila kita membahas mengenai Sistem IT, tentunya akan sangat amat luas. IT terdiri dari sekian banyak komponen, ada yang saling mendukung ataupun bertentangan. Tujuannya pun tidak lagi hanya satu.

Kerumitan tersebut dapat kita bayangkan dalam perangkat komputer. Di dalamnya terdapat komponen Hardware, Software dan Brainware.

Hardware dalam satu komputer merupakan kumpulan dari komponen - komponen kecil yang saling berhubungan. Mulai dari prosessor, memori, hard disk,hingga kabel - kabel yang berfungsi untuk menghubungkannya.

Setelah itu Software, di dalam sebuah sebuah komputer pasti ada berbagai macam aplikasi untuk melakukan berbagai macam pekerjaan pengguna. Mulai dari OS, Aplikasi Office, Games, Browser, Anti Virus dan masih banyak lagi. Aplikasi tersebut pun saling berinteraksi dengan hardware agar bisa bekerja maksimal bagi si pengguna.

Yang terakhir adalah Brainware, yaitu orang yang terlibat dalam penggunaan komputer. Entah dia merupakan System Analyst, Programmer, Administrator atau Operator.
Ketiga komponen tersebut saling berinteraksi untuk akhirnya dapat mencapai tujuan yaitu menyelesaikan pekerjaan si pengguna itu sendiri.

Hal diatas hanyalah sebagian kecil dari rumitnya sistem IT. Bisa terbayang betapa kompleksnya sistem IT secara menyeluruh bila dibahas satu - persatu secara detail.

No comments:

Post a Comment