Wednesday, August 11, 2010

Kampanye Kepedulian Terhadap Data --> GO DATA

Data merupakan bentuk jamak dari datum yang berarti informasi. Data dapat berupa apa saja dan dapat ditemui di mana saja. Kegunaan dari data adalah sebagai bahan dasar yang obyektif (relatif) di dalam proses penyusunan kebijaksanaan dan keputusan oleh Pimpinan Organisasi.

Sedangkan Go Data adalah suatu bentuk gerakan/kampanye kepedulian terhadap data yang dimiliki oleh masing – masing orang. Data ini bisa berupa apa saja, bisa berbentuk tulisan, gambar, musik atau apapun. Seperti yang kita ketahui, saat ini data tidak hanya disimpan di komputer pribadi seseorang atau suatu storage device, tetapi data tersebut juga banyak yang di-upload ke dalam internet. Hal inilah yang menyebabkan pentingnya kepedulian seseorang terhadap data yang dimilikinya. Data yang beredar di internet tentu saja lebih mudah tersebar ke banyak orang, dibandingkan data yang tersimpan dalam storage device pribadi.

Kepedulian terhadap data dapat dilakukan dengan menyimpan dan merawatnya dengan baik. Data yang berada di sekitar kita mungkin tidak selalu bersifat rahasia atau penting, tapi akan buruk dampaknya apabila data yang ada disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab. Karena itulah kepedulian terhadap data, sangatlah perlu ditingkatkan oleh semua orang.

Bagaimana cara menyimpan data yang baik?

Simpanlah data secara well-organized. Data mengenai suatu jenis informasi, lebih baik disimpan dalam satu folder. Misalnya folder tugas kuliah, folder skripsi, folder resep makanan. Hal ini tentu akan mempermudah pencarian apabila kita atau bahkan orang lain suatu saat membutuhkan data tersebut. Bayangkan saja bila kita mesti mencari bahan skripsi diantara kumpulan file – file yang tidak ada hubungannya, tentu akan sangat merepotkan.

Untuk data yang penting dan bersifat rahasia, alangkah baiknya jika ditambahkan proteksi yang lebih. Misalnya saja folder diberi password, atau bahkan setiap file diberi password agar data lebih aman tersimpan. Biasanya fasilitas ini telah tersedia dalam Microsoft Word (yang paling sering digunakan), atau bisa juga dengan menggunakan Software untuk memproteksi file atau folder. Selain itu, backup data juga sangat penting dilakukan. Bila data tersebut telah disimpan di komputer, tidak ada salahnya menyimpan backup dalam flash disk atau CD untuk berjaga jika suatu saat data dalam komputer tidak dapat diakses. Selain backup pada storage device, banyak juga website yang menyediakan online backup.

Selain perlu disimpan dan dirawat dengan baik, ada juga jenis data yang perlu di-update secara berkala. Agar informasi yang diperlukan dari data tersebut bisa lebih akurat seiring dengan berjalannya waktu.

Saya harap dengan membaca tulisan ini dapat menumbuhkan kesadaran (awareness) akan pentingnya data bagi kita. Semoga masyarakat lebih perduli terhadap penyimpanan dan perawatan data.

No comments:

Post a Comment