Wednesday, August 11, 2010

Seandainya . . .


Andaikan oleh Presiden, Saya diberi tanggung jawab untuk membenahi Sistem Informasi Nasional, dan negara menyediakan anggaran awal 1 triliyun. APA YANG AKAN SAYA LAKUKAN ????
Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya tentang Sistem Informasi Nasional di Indonesia, masih tertinggal oleh negara berkembang lainnya. Dalam membenahi Sistem Informasi Nasional, saya akan fokus pada database mengenai informasi nasional.

Yang ingin saya benahi pertama kali adalah database kependudukan di Indonesia. Setiap masyarakat yang telah mempunyai KTP, wajib memiliki data pribadi dalam database tersebut. Seorang penduduk hanya bisa memiliki satu data pribadi (mencegah banyaknya penduduk yang memiliki lebih dari satu KTP). Dengan adanya database ini, sangat diharapkan mempermudah masyarakat dalam melakukan segala hal. Misalnya saja saat seseorang ingin membuat rekening bank, ia hanya perlu menunjukkan KTP nya lalu pihak bank akan mencari data orang tersebut melalui database yang telah tersedia. Hal ini akan lebih efektif, dibandingkan dengan mengisi formulir secara manual. Tidak hanya dalam membuat rekening di bank, adanya database ini juga dapat mempermudah masyarakat saat ingin mendaftar di sekolah atau universitas, saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan dan lain – lain. Database ini juga dapat dengan mudah diupdate apabila terjadi perubahan, misalnya perubahan alamat tinggal, nomor telepon dan sebagainya.

Lalu berikutnya adalah database perusahaan di Indonesia. Setiap perusahaan yang bergerak di bidang apapun, wajib memiliki data dalam database. Hal ini akan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi. Misalnya dalam mencari pekerjaan. Selain itu juga bila seseorang ingin membuat suatu usaha, ia bisa mendapatkan informasi mengenai usaha sejenis yang telah ada.

Dari segi pendidikan, dibutuhkan database mengenai informasi sekolah dan universitas serta lembaga kursus yang ada di Indonesia. Semua sekolah negeri dan swasta yang berada di Indonesia harus terdaftar dalam database tersebut. Hal ini akan mempermudah masyarakat dalam mencari sekolah yang diinginkan dan sesuai dengan keinginannya. Lalu universitas di seluruh Indonesia juga harus terdata dengan baik, jurusan apa saja yang ada dalam universitas tersebut. Sehingga siswa yang baru lulus dapat dengan mudah mencari universitas dan jurusan yang sesuai dengan keinginannya. Selain sekolah dan universitas, lembaga kursus juga perlu didata secara keseluruhan.

Semua database tersebut harus terintegrasi antara satu daerah dengan daerah lainnya dan bekerja sama secara simultan. Masih banyak lagi database yang perlu dibuat mengenai informasi nasional, dari segi kesehatan (data rumah sakit, puskesmas, posyandu), kepolisian (data kecelakaan, korban bencana alam) dan lain – lain. Dengan terorganisirnya data – data tersebut diatas, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan informasi tentang apapun. Selain itu juga, Pemerintah akan lebih mudah dalam mendata masyarakat.

No comments:

Post a Comment