Tuesday, August 10, 2010

Ulasan Tentang Sistem Informasi Nasional

Sistem Informasi Nasional adalah suatu sistem untuk mengelola dan mengolah data yang ada di Negara ini sehingga menjadi informasi yang berguna bagi Negara ini sendiri dan lingkungannya. Lalu bagaimana dengan keadaan Sistem Informasi Nasional di Indonesia? Menurut saya masih sangat jauh di belakang negara – negara lainnya. Bukan berarti teknologi yang digunakan di Indonesia tidak maju. Tetapi mungkin karena kurangnya perhatian dari Pemerintah untuk memajukan Sistem Informasi Nasional itu sendiri. Selain itu juga, SDM dan fasilitas juga kurang menunjang untuk membangun sebuah sistem informasi yang terintegrasi dengan baik.

Sistem Informasi Nasional berupaya untuk “Pengelolaan Sistem Informasi di seluruh tingkat Pemerintahan dalam rangka penyelenggaraan Pelayanan yang efektif dan efisien kepada Masyarakat”.

Hal apa sebenarnya yang ingin dicapai dengan adanya Sistem Informasi Nasional??


1. Kemudahan dalam mendapatkan informasi yang diperlukan, misalnya :

Bagi Rakyat :

· Informasi untuk analisa kelayakan dagang

· Informasi tentang jumlah penduduk terbaru (sebagai sensus penduduk atau bagi mahasiswa yang sedang melakukan riset)


Bagi Pengelola Negara

· Informasi yang diperlukan yang sesuai dengan lingkup tugas lembaga yang dipimpinnya


2. Kemudahan dalam update informasi, misalnya :

Bagi Rakyat:

· Update informasi/data keluarga saat ada kelahiran atau kematian


Bagi Pengelola Negara:

· Update informasi/data online dari pelosok


3. Kemudahan penyebaran informasi, misalnya:

· Menyebarkan suatu informasi untuk warga di daerah tertentu


4. Kemudahan dalam melaksanakan aktivitas – aktivitas administrasi dan pelaporan (Bagi Abdi Negara)


Tapi pada kenyataannya, yang terjadi di negara ini belum tercapai seperti keinginan tersebut diatas. Misalnya saja dalam masalah data penduduk Indonesia. Belum tersedia database yang memuat data seluruh penduduk di Indonesia. Data hanya terpusat sampai tingkatan tertentu, belum terintegrasi antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Dalam melakukan sensus penduduk, Pemerintah masih melakukan dengan cara mendatangi rumah warga satu persatu. Menurut saya, akan sangat efektif bila ada suatu database penduduk Indonesia. Sehingga perkembangan penduduk Indonesia bisa dipantau melalui database tersebut.

Contoh lain adalah dalam pencarian suatu informasi. Bagi seorang pedagang tentu informasi mengenai pedagang sejenis yang sudah ada. Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Dengan browsing internet? Atau bahkan berkeliling kota untuk mencarinya? Tentu saja hal itu sangat tidak efektif. Akan sangat mudah bagi si pedagang, bila dia hanya perlu melihat suatu database mengenai pedagang sejenis yang telah ada.

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, sangat diharapkan Sistem Informasi Nasional juga akan bertambah maju. Karena dengan begitu, bangsa dan negara kita ini juga akan bertambah maju serta mampu bersaing dengan negara berkembang lainnya. Jadi mari para ”Calon Professional IT”, majukanlah Sistem Informasi Nasional negara kita ! :)

3 comments:

  1. setuju..
    sdm + fasilitasnya emg kurang menunjang, seperti yg telah saya d tulis d postingan saya..
    mirip2 lah ya, yah tp tulisan anda memang lbh panjang.. :p

    ReplyDelete
  2. iya inti nya mah sama aja isinya..hahaha

    ReplyDelete
  3. kamu mengambil inti tulisan saya.. halah halah..

    ReplyDelete