Tuesday, July 20, 2010

5 istilah populer dalam Dunia IT

Ada berbagai macam istilah populer dalam dunia IT, berikut akan saya paparkan 5 diantaranya:

1. AAA
Authentication, Authorization, Accounting. Adalah sebutan yang menyatakan sebuah proses yang mencakup autentikasi, otorisasi dan pencatatan yang digunakan oleh penyedia layanan telekomunikasi dan jasa internet untuk mengenakan biaya pada pelanggan. Autentikasi digunakan untuk mengenali pengguna yang boleh memasuki system. Otorisasi adalah untuk memberikan wewenang bagi pengguna untuk mengakses resource pada sistem. Accounting digunakan untuk mencatat berapa banyak resource yang dipakai dan memberitahukan berapa biaya yang harus dibayar oleh pengguna.

2. Cache
Tempat menyembunyikan.
Suatu tempat untuk menyimpan sesuatu secara sementara, mekanisme untuk mempercepat transfer data dengan cara menyimpan data yang telah di akses di suatu buffer, dengan harapan jika data yang sama akan diakses, akses akan menjadi lebih cepat. Dalam Internet sebuah proxy cache dapat mempercepat proses browsing dengan cara menyimpan data yang telah diakses di komputer yang berjarak dekat dengan komputer pengakses. Jika kemudian ada user yang mengakses data yang sama, proxy cache akan mengirim data tersebut dari cache-nya, bukan dari tempat yang lama diakses. Dengan mekanisme HTTP, data yang diberikan oleh proxy selalu data yang terbaru, karena proxy server akan selalu mencocokkan data yang ada di cache- nya dengan data yang ada di server luar.

Dalam terminologi hardware, istilah ini biasanya merujuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang biasanya memiliki kecepatan jauh lebih rendah. Penggunaan cache ditujukan untuk meminimalisir terjadinya bottleneck dalam aliran data antara processor dan RAM. Sedangkan dalam terminologi software, istilah ini merujuk pada tempat penyimpanan sementara untuk beberapa file yang sering diakses (biasanya diterapkan dalam network)

3. Homepage
Halaman muka dari sebuah situs web. Pengertian lainnya adalah halaman default yang diset untuk sebuah browser. halaman ini ditayangan di Internet melalui media World Wide Web. Biasa digunakan orang untuk mempromosikan informasi, jasa, produk-produknya, dll.

4. Real time
Waktu nyata, waktu sesungguhnya. Istilah yang digunakan untuk menunjukkan suatu aksi dapat dipantau pada waktu aksi tersebut terjadi. Pada konsep teleconference diartikan bahwa setiap aksi yang disorot pada media merupakan kejadian pada saat yang sama. Atau dalam istilah lain, siaran langsung.

5. Gateway
Dalam pengertian teknis, istilah ini mengacu pada pengaturan hardware maupun software yang menerjemahkan antara dua protokol yang berbeda. Pengertian yang lebih umum untuk istilah ini adalah sebuah mekanisme yang menyediakan akses ke sebuah sistem lain yang terhubung dalam sebuah network.
Host yang digunakan untuk mengalihkan lalu lintas jaringan dari satu jaringan ke jaringan lain, juga digunakan untuk melewatkan lalu lintas jaringan dari satu protokol ke protokol lain. Dipergunakan untuk menghubungkan 2 jenis jaringan komputer yang arsitekturnya sama sekali berbeda. Jadi gateway lebih kompleks dari pada bridge. Gateway dapat diaplikasikan antara lain untuk menghubungkan IBM SNA dengan digital DNA, LAN (Local Area Network) dengan WAN (Wide Area Network). Salah satu fungsi pokok gateway adalah melakukan protocol converting, agar 2 arsitektur jaringan komputer yang berbeda dapat berkomunikasi.


(Sumber : http://www.total.or.id)


No comments:

Post a Comment