Monday, July 26, 2010

kemana setelah menjadi sarjana IT ?

Mungkin pertanyaan yang seharusnya ditanyakan lebih dulu adalah ”kenapa ingin masuk jurusan IT?”. Saat duduk di bangku SMA, semua mulai mempertanyakan ” nanti kuliah maunya jurusan apa?”. Pertamanya saya masih bingung mau pilih jurusan apa, tapi akhirnya saya menjawab ”mau jurusan komputer”. Kenapa? Jawabannya sangat simpel ”supaya kalau komputer rusak bisa benerin sendiri”. Hehehe. Sebenarnya tidak butuh jadi sarjana IT kalo tujuan awal saya seperti itu. Mungkin hanya butuh kursus komputer. Tapi ya itu tujuan awal saya ingin masuk jurusan IT.

Lalu setelah lulus SMA, saya mengikuti SPMB dan memilih jurusan Teknik Komputer di Universitas Indonesia. Tapi ternyata saya kurang beruntung (baca: tidak lulus SPMB :( ). Tapi akhirnya saya tetap kuliah di jurusan IT walaupun bukan di tempat yang saya inginkan.

Nah sekarang pertanyaan berikutnya adalah ”kemana setelah menjadi sarjana IT?”. Itu adalah pertanyaan yang sampai sekarang belum terjawab oleh saya. Bahkan sudah melewati 6 semester kuliah, tapi belum yakin apa yang akan dilakukan setelah lulus menjadi sarjana IT.

Salah satu impian saya menjadi pengusaha, entah itu berhubungan dengan dunia IT ataupun tidak. Karena saya ingin bekerja untuk diri sendiri, bukan untuk perusahaan. Selain itu juga saya ingin membuat lapangan kerja bagi orang lain. Tapi sudah pasti, yang namanya membuat usaha itu butuh modal yang tidak sedikit. Jadi mungkin saya akan mengesampingkan dulu impian saya yang satu itu.

Kebanyakan orang pasti setelah lulus akan mencari kerja, ya itu jugalah yang akan saya lakukan. Untuk kriteria pekerjaan yang dicari, tentu saja yang berhubungan dengan kuliah yang saya jalani selama ini. Mungkin banyak fresh-graduate yang mempunyai pikiran ”yang penting cepet dapat kerja”, walaupun pekerjaan dan pendidikan yang ditempuh selama ini tidak berhubungan sama sekali. Menurut saya itu tidak masuk akal, bagaimana seseorang bisa menjalankan suatu pekerjaan, tanpa memiliki dasar pengetahuan yang terkait dengan pekerjaan tersebut. Bukannya saya sok idealis, tapi ya itu hanya pendapat saya saja. Toh saya juga tidak tahu pekerjaan apa dan di perusahaan apa nanti nya saya akan dapat kerja. Manusia boleh berkehendak, tapi kan Allah yang mengatur semuanya. Hehehe.

Berhubung jurusan kuliah yang saya tempuh saat ini adalah Teknologi Informasi. Dan sekarang saya juga sedang mengambil sertifikasi Cisco. Jadi saya akan mencari pekerjaan sebagai Technical Support di bagian networking pada suatu perusahaan. Perusahaan yang saya inginkan sebenarnya yang lebih bergerak di bidang IT, karena sarjana IT nya akan lebih dihargai sesuai kemampuannya dan tentu saja akan lebih banyak hal yang dapat saya pelajari. Ya itulah, harapan dan cita – cita saya setelah menjadi sarjana IT. Saya harap bisa terjadi sesuai yang seperti saya inginkan. Kalaupun tidak sesuai, ya semoga itu yang terbaik buat masa depan saya :)

Sumber : diri saya sendiri

5 comments:

  1. hmm.. sepertinya rata2 sama yaa k depannya mau gmn.. masi bingung mau kmana, ngapain.. tp yg pasti sih gue Amin-kan aja yg lo harapkan d tulisan ini.. hehe

    ReplyDelete
  2. adduuuhhh ga lulus spmb nya ga usah di tulis donk hahaha..

    ya sebenarnya sih semua sama, belum ada tujuan. let it flow..
    tapi berhubung usia kita yang "bukan anak abg lagi" sepertinya memaksa kita untuk merencanakan jalan kita ke depan.. :P

    ReplyDelete
  3. hahaha kan jujur..ngaku aja kalo ga lulus..haha
    betuull..umur udah ga muda lagi nih :p

    ReplyDelete
  4. betul tu kata ryna, let it flow..
    krn bisa saja kita punya skill ini, tapi lebih sukses di bidang itu.. *ini-itu ini-itu apa sih*
    nah tinggal di combine deh kesuksesan dgn skill yg kita punya.. betul gak?

    ReplyDelete