Thursday, July 29, 2010

Perkiraan Perkembangan IT dimasa depan

Perkembangan IT dari masa ke masa sangatlah berkembang pesat. Bayangkan saja, dari jenis komputer mainframe yang bentuknya sangat besar hingga zaman sekarang komputer berbentuk sangat minimalis bahkan bisa dibawa kemana – mana (laptop, netbook).

Perkembangan yang pesat di dunia IT ini dikarenakan kebutuhan user yang semakin meningkat. Karena teknologi sangat penting dalam kehidupan sehari – hari, kegiatan perkantoran, perindustrian dan lain – lain.

Dengan melihat teknologi yang berada di sekitar kita sekarang saja, masih banyak yang merasa asing dengan penggunannya. Di masa depan teknologi informasi sudah pasti jauh lebih berkembang dari yang sekarang, dan masyarakat pun akan terbiasa dengan penggunaannya dalam kehidupan sehari – hari.

Beberapa bentuk kemajuan teknologi informasi di masa depan diantaranya adalah peningkatan kapasitas storage, peningkatan kecepatan jaringan internet, peningkatan lalu-lintas jaringan nirkabel, kemampuan PC yang setara dengan otak manusia dan masih banyak lagi.

Kapasitas storage selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada tahun 1986, disket 5 ¼ inch dengan kapasitas 10 MB digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Lalu pada tahun 1999, disket menjadi ukuran 3 ½ inch dengan kapasitas 150/200 MB. Sedangkan beberapa tahun terakhir, kita menggunakan flash disk sebagai tempat penyimpanan data. Bentuknya jauh lebih kecil dan kapasitasnya sangat jauh lebih besar, mencapai 32 GB. Pada tahun 2029 diperkirakan akan tersedia suatu storage berukuran 11 petabyte (1 petabyte setara dengan 1000 terabyte), mampu meyimpan video berkualitas DVD untuk diputar selama 600 tahun lebih tanpa henti 24 jam sehari, dan hanya seharga $100.

Lalu kecepatan jaringan internet rumahan akan mengalami peningkatan sebesar 20 kali lipat pada 10 tahun ke depan. Internet tidak akan menjadi hal yang istimewa lagi di masa depan. Semua orang akan mampu mengakses internet dari rumah dengan mudah dan cepat. Mungkin warnet tidak akan dibutuhkan lagi di masa depan.

Peningkatan lalu lintas jaringan nirkabel merupakan hal yang ditunggu – tunggu. Saat ini, jaringan di seluruh dunia mentransfer data lebih dari 9 exabyte (1 exabyte=1015 byte) per bulan. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, diperkirakan pada tahun 2013 lalu-lintas jaringan nirkabel akan mencapai 400 petabyte per bulan.

Kemampuan PC memproses data sekarang ini sudah sangat jauh berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan peningkatan kecepatan prosessor pada komputer. Pada tahun 2020, PC seharga $1.000 akan memiliki kemampuan memproses data setara dengan otak manusia. Bahkan pada tahun 2030, diperkirakan kemampuan PC dengan harga tersebut akan seimbang dengan kemampuan otak sekampung manusia. Betapa menakjubkannya perkembangan teknologi informasi di dunia ini!

Dapatkah kita semua mewujudkan hal itu?? Mari berharap :)


Sumber :

http://www.sripoku.com

wikipedia

1 comment:

  1. wooww.. gak kbayang gmn nasib pekerja nantinya.. bisa makin byk pengangguran nih kalo kayak warnet aja kmgknan gak dbutuhin lagi..
    dan bisa dpastikan manusia akan smakin ketergantungan dengan teknologi

    ReplyDelete