Thursday, July 29, 2010

Professional IT

Professional IT adalah seseorang yang memliki kemampuan di bidang IT serta mampu mengaplikasikannya di dunia kerja. Seorang professional IT harus mengusai beberapa hal dasar seperti: troubleshooting, instalasi software, maintain software, maintain database, maintain server, maintain networking, update anti-virus dan masih banyak lagi. Semua hal tersebut berperan untuk menjaga agar pekerjaan dalam suatu perusahaan berjalan lancar tanpa hambatan.

Professional IT sangat berperan penting dalam suatu perusahaan, karena mempengaruhi kinerja seluruh divisi pada perusahaan tersebut. Dengan adanya professional IT, akan tercipta irama kerja antar-divisi yang sinergis satu sama lain. Pada perusahaan berskala besar, professional IT berperan dalam menciptakan suatu aplikasi untuk mempermudah pekerjaan. Selain itu, mereka juga berperan untuk membuat jaringan antara kantor pusat dan kantor cabang. Hal ini tentu sangat dibutuhkan bagi perusahaan untuk mempermudah komunikasi antar cabang.

Saat ini professional IT dituntut untuk memiliki keterampilan yang ditunjukkan dengan sejumlah sertifikasi seperti CCNA, CCNP, MCTS dan lain – lain.

CCNA (Cisco Certified Network Associate) Ini adalah dasar sertifikat yang akan belajar tentang dasar dari jaringan dan produk cisco.Lingkupnya meliputi model OSI, LAN, Cisco router, switch, IP dan
sebagainya. CCNP (Cisco Certified Networking Professional) merupakan sertifikasi tingkat lanjut yang memastikan pemegangnya mampu melakukan instalasi, konfigurasi dan mencari kesalahan pada jaringan yang besar antara 100 sampai lebih dari 500 titik. Pemegang sertifikasi ini memiliki keahlian dan pengetahuan mengenai routing, switching, voice, wireless, dan keamanan jaringan di titik paling tengah sampai sisi paling luar dari jaringan.

Syarat untuk mengambil sertifikasi CCNP ini adalah lulus ujian CCNA, ditambah beberapa bulan pengalaman lapangan, dan lulus ujian2 tertentu.

Sertifikasi CCNP ini yang jelas jauh lebih berharga daripada sertifikasi CCNA, sehingga merupakan nilai tambah luar biasa bagi lulusan perguruan tinggi/akademi yang masih fresh ketika mencoba melamar pada perusahaan IT/Networking/Service Provider sampai Bank sekalipun, karena pemegangnya pasti bisa menangani jaringan kompleks yang ada di perusahaan tersebut.

Lebih lengkapnya bisa dilihat di www.cisco.com

MCTS adalah sertifikasi generasi terbaru dari Microsoft. Sertifikat ini bertujuan untuk menyederhanakan sertifikasi Microsoft yang ada. Tetapi dengan adanya MCTS, sertifikasi yang telah ada bukan menjadi hilang atau tidak berlaku. Sertifikasi lama tetap diakui, hanya lama kelamaan disarankan untuk upgrade ke MCTS. Kegunaan sebenarnya adalah meningkatkan kesiapan diri, dan percaya diri kita dalam pekerjaan yang berhubungan dengan produk Microsoft.

Sertifikat IT yang dimiliki seorang professional IT berpengaruh terhadap nilai jual (gaji) di suatu perusahaan. Bahkan dengan adanya sertifikasi, seseorang bisa bernegosiasi dengan perusahaan dalam hal gaji atau bahkan negosiasi dalam hal posisi.

Jadi kejarlah sertifikat IT sebanyak mungkin !!!

1 comment: